Frequently Asked Question (FAQ)

  • Bagaimana cara melakukan pembelian tiket di detikevent?
    Untuk melakukan pembelian tiket detikevent, Anda diwajibkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Apa pendaftar yang tidak memiliki akun detikcom bisa mendaftar event?
    Tidak bisa, untuk pendaftaran seluruh acara di detikevent diwajibkan untuk memiliki akun detikcom. Untuk registrasi akun detikcom silahkan mengikuti langkah / pertanyaan nomor 1. Jika Anda mengalami kendala pendaftaran silahkan menghubungi detikevent melalui nomor telepon atau email yang tertera di halaman detikevent.
  • Setelah melakukan klik Beli Tiket / Daftar, pendaftar diarahkan ke halaman profil dan diharuskan untuk update / melengkapi profil. Apakah pendaftar harus melakukan update profile?
    Benar, Anda wajib mengikuti langkah yang diminta oleh detikevent untuk melengkapi profil Anda agar proses pendaftaran tiket dapat diselesaikan. Adapun data yang harus Anda lengkapi adalah: Nama lengkap, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Negara, Provinsi dan Kota. Untuk melakukan update Anda akan diarahkan ke halaman akun detikcom → Silahkan klik di sini
  • Apakah satu akun detikcom dapat mendaftar lebih dari 1 pendaftar?
    Event tidak berbayar
    Tidak bisa, untuk mengikuti event tidak berbayar Anda wajib memiliki akun detikcom.

    Event berbayar
    Bisa, untuk mengikuti event berbayar Anda dapat mendaftarkan user lainnya jika diinginkan. Maksimal adalah 5 peserta untuk setiap akun detikcom.
  • Bagaimana pembayaran ketika satu akun detikcom mendaftar lebih dari 1 pendaftar? Apakah bisa pembayaran terpisah untuk setiap pendaftar?
    Jika dalam satu akun detikcom Anda melakukan pendaftar lebih dari 1 orang, Anda tidak bisa melakukan pembayaran terpisah untuk setiap pendaftar tersebut. Pembayaran yang Anda lakukan adalah satu kali transaksi sejumlah tiket yang Anda daftarkan. Tim detikevent tidak akan melakukan verifikasi terhadap bukti pembayaran yang ganda atau nominal harga yang berbeda antara total tiket untuk satu akun detikcom dan bukti pembayaran yang diupload di detikpayment.
  • Untuk tiket berbayar, kemana pendaftar harus melakukan pembayaran?
    Anda akan diarahkan kepada halaman pembayaran setelah melakukan registrasi untuk tiket (Navigasi: Bayar Sekarang). Jika Anda menutup halaman website Anda, Anda tetap bisa melakukan pembayaran melalui email konfirmasi yang telah kami kirimkan dengan status: Booking.
  • Berapa lama batas waktu pendaftar untuk melakukan pembayaran tiket?
    Anda memiliki batas waktu 2 jam sejak status tiket Anda adalah booking/sejak Anda mendapatkan email konfirmasi dari detik event dengan status BOOKED pada event tersebut. Jika waktu pembayaran telah habis, maka status Anda akan menjadi expired. Apabila Anda tidak menerima email konfirmasi dengan status BOOKED silahkan menghubungi detikevent melalui nomor telepon atau email yang tertera di halaman detikevent.
  • Apa bentuk konfirmasi dari detikevent setelah Anda berhasil terdaftar sebagai peserta?
    Untuk pembelian tiket berbayar, Anda akan mendapatkan email konfirmasi sesuai dengan proses pendaftaran dan pembayaran tiket Anda, yaitu:
    • Booking → Jika Anda telah berhasil melakukan pendaftaran tiket
    • Expired → Jika waktu pembayaran Anda telah habis dan Anda tidak melakukan pembayaran atau tidak melakukan upload bukti pembayaran
    • Paid → Jika pembayaran Anda telah berhasil diverifikasi oleh tim detikevent, maka pendaftaran Anda telah sukses
    • Pending → Jika Anda telah melakukan pendaftaran dan menunggu tiket Anda berhasil diterima/disetujui/approve oleh tim detikevent
    • Approved → Jika Anda telah kami verifikasi dan berhasil terdaftar di event tertentu.
  • Kemana email konfirmasi tersebut dikirimkan?
    Email konfirmasi akan kami kirimkan pada email yang tertera di akun ketika Anda mendaftar → Akun detikcom. Jika Anda melakukan pendaftaran lebih dari 1 orang, email akan dikirimkan kepada akun detikcom yang mendaftarkan, bukan kepada setiap email di list nama pendaftar.
  • Apa yang harus dilakukan pendaftar jika sudah melakukan transaksi?
    Jika metode pembayaran yang Anda pilih adalah transfer, Anda diharuskan untuk melakukan upload bukti pembayaran yang jelas agar dapat diverifikasi oleh tim detikevent. Pada email dengan status booking, Anda akan mendapatkan link untuk pembayaran di Navigasi Pembayaran. Silahkan mengunjungi link tersebut dan melakukan upload. Jika metode pembayaran Anda adalah credit card/klikpay, maka Anda hanya menunggu konfirmasi pihak bank terkait dengan transaksi Anda.
  • Bagaimana jika Anda telah melakukan transaksi/ upload bukti pembayaran namun status Anda menjadi expired?
    Jika status Anda telah EXPIRED, maka tiket Anda telah hangus/tidak dapat digunakan. Jika pada pendaftaran sebelumnya Anda telah membayar tiket, silahkan melakukan upload bukti pembayaran Anda dan tidak melakukan transaksi kembali untuk menghindari double transfer. Jika tiket tidak tersedia, harap menghubungi tim detikevent untuk proses lebih lanjut.
  • Jika bukti transfer ATM tidak keluar, apa yang harus dilakukan?
    Mohon untuk melakukan cek mutasi rekening dan melakukan screenshot. Jika status tiket Anda masih BOOKED, silahkan mengunjungi link pembayaran di email Anda dan melakukan upload bukti pembayaran dengan screenshot tersebut. Jika status sudah expired, silahkan melakukan pendaftaran kembali dengan langkah sebelumnya. Jika Anda ingin melampirkan mutasi rekening, mohon untuk melampirkan screenshot penuh/full rekening Anda yang meliputi logo bank, nama, no rek, bank transfer Anda dan detikcom, total harga tiket, tanggal dan waktu transaksi. Jika tidak berhasil, silahkan menghubungi tim detikevent melalui nomor telepon atau email yang tertera di halaman detikevent.
  • Kenapa pembayaran saya tidak di verifikasi oleh tim detikevent?
    Tim detikevent melakukan verifikasi pembayaran berdasarkan bukti pembayaran yang Anda unggah saat melakukan konfirmasi pembayaran. Berikut adalah bukti pembayaran yang tidak akan kami verifikasi :
    • Tidak disertai Nama, No. Rekening, dan Bank transfer Anda.
    • Tidak disertai Nama, No. Rekening dan Bank detikcom.
    • Tidak disertai Tanggal dan Waktu transaksi.
    • Tidak disertai dengan total harga tiket Anda.
    • Bukti tersebut tidak berupa struk, sms resmi dari sms banking, mutasi rekening.
  • Jika kursi telah habis, apa pendaftar masih bisa berkesempatan untuk mengikuti event berbayar?
    Tidak bisa, tim detikevent telah menentukan kuota tiket atas setiap event berbayar dan tidak bisa di tambahkan. Silahkan kunjungi detikevent secara berkala untuk mengetahui event menarik lainnya.
  • Apakah nama peserta yang terdaftar di detikevent harus sama dengan nama orang yang datang saat event berlangsung?
    Benar, nama peserta yang Anda tulis saat registrasi harus sama dengan nama orang yang akan datang di event tersebut. Untuk setiap event berbayar Anda dapat mengikutsertakan peserta lainnya hingga 5 orang termasuk Anda. Untuk kasus seperti ini masih tetap sama, kami harap semua data peserta yang dicantumkan telah sesuai dengan data diri masing-masing peserta.
  • Apakah pendaftaran event membuka registrasi on the spot?
    Tim detikevent tidak membuka registrasi on the spot. Semua pendaftaran / pembelian tiket hanya melalui website detikevent. Bahkan tiket yang kami berikan juga dalam bentuk E-tiket (tidak perlu di cetak) yang kami kirimkan ke email. Pastikan untuk menggunakan email yang valid agar semua transaksi Anda tercatat.
  • Jika saat event berlangsung, pendaftar datang membawa orang yang tidak terdaftar dalam event apakah dapat masuk untuk mengikuti event?
    Tidak bisa. Saat event berlangsung, tim detik event akan melakukan registrasi ulang dimana orang yang dapat masuk untuk mengikuti event hanyalah orang yang telah berhasil terdaftar untuk event tersebut dengan menunjukkan email konfirmasi dengan status paid/approve.
  • Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses registrasi atau pembayaran, apa bisa dengan cara manual?
    Tidak bisa. Seluruh pendaftaran dan pembayaran tiket dilakukan di website event.detik.com. Jika Anda mengalami kesulitan, silahkan menghubungi kantor detikcom via telepon 021-79187722 atau via email event@detik.com.