Awas Musim Hujan! Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Pas Bikin Event Outdoor

Kamis, 09 Maret 2023 18:06 WIB
img-alt

Saat musim hujan, seringkali menjadi malapetaka untuk para event creator yang ingin menyelenggarakan event bertema outdoor. Persiapan berbulan-bulan, dekorasi panggung, hingga rapat yang menguras waktu dapat seketika dapat gagal akibat faktor cuaca buruk seperti hujan.

Agar acaramu tetap berjalan lancar, ada 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah skenario buruk yang mungkin terjadi: 

1. Pilih lokasi event yang tepat

Pastikan venue yang kamu pilih tidak hanya beralaskan tanah ya. Kamu bisa pilih venue yang memiliki alas seperti paving block, conblock, ataupun aspal. Tujuannya agar pengunjung tetap merasa nyaman bergerak meskipun kondisi hujan. Venue yang beralaskan tanah saja berpotensi menjadi becek dan berlumpur.

2. Tetap sediakan ruang teduh

Jangan sampai kamu bertindak tanpa mempersiapkan rencana mitigasi yang matang. Jika akan menyelenggarakan event secara outdoor, kamu harus  siapkan tempat tuduh yang cukup untuk pengunjung. Sebagai contoh, kamu bisa menyediakan tenda anti air.

3. Berikan informasi kepada pengunjung

Kamu bisa membuat info pada media sosial tentang lokasi venue yang kamu pilih. Tujuannya agar pengunjung dapat mempersiapkan diri dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti jas hujan, payung, plastik untuk sepatu, dan lainnya. Atau, kamu juga bisa berinisiatif untuk menyediakan starter pack menerjang hujan untuk para pengunjung.

Tak perlu berkecil hati apabila eventmu harus diadakan di tengah musim hujan, jika eventmu memang terkonsep dan menarik pasti banyak pengunjung yang akan datang kok. Agar eventmu dapat dipersiapkan dengan lebih matang, yuk berkolaborasi dengan detikEvent!