Yuk Mengenal Perbedaan Workshop, Seminar dan Training!

Selasa, 11 Juli 2023 12:11 WIB
img-alt

Dalam dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, terdapat berbagai jenis metode pembelajaran seperti workshop, training, dan seminar. Meskipun ketiganya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, mereka memiliki perbedaan dalam konteks pelaksanaan, metode pembelajaran, dan interaksi peserta.

Kamu sudah tahu belum apa perbedaan antara workshop, training, dan seminar, serta manfaat dan kekurangan masing-masing dalam proses pembelajaran? Kalau belum, nih mimin jelasin di bawah ini:

Workshop

Pembelajaran dalam workshop melibatkan interaksi langsung antara peserta dan fasilitator. Ilmu yang diberikan dalam workshop biasanya bersifat praktis dan juga peserta akan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan praktikan. Workshop sangat berguna untuk mengasah skill dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Di dalam workshop, peserta juga dapat bertukar pengalaman dan perspektif dari peserta lainnya.

Training

Berbeda dari workshop, training merupakan proses pembelajaran yang lebih terstruktur dan fokus pada pengembangan keterampilan teknis atau pekerjaan. Biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, menggunakan modul tertentu, dan memiliki serangkaian sesi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Training dapat membantu peserta untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang pekerjaan spesifik.

Seminar

Seminar adalah acara pembelajaran yang formal namun berdurasi pendek. Biasanya terdapat seorang pembicara atau panel ahli yang mempresentasikan topik tertentu kepada audiens. Keuntungan dari seminar adalah peserta dapat memahami isu terkini dari ahli dalam bidangnya.

Itulah perbedaan antara seminar, training, dan workshop yang perlu kamu ketahui detikers. Buat kamu yang sedang mencari info acara seminar, workshop, training, dan lainnya, kamu bisa menemukannya di detikEvent. detikEvent punya segudang acara menarik yang bisa kamu ikuti dan banyak yang gratis juga loh, yuk buruan daftar sekarang!