5 Skill Wajib Buat Kamu yang Mau Jadi Event Planner!

Senin, 17 April 2023 16:04 WIB
img-alt

Mulusnya sebuah event sangat bergantung pada sang event planner yang bertanggung jawab untuk membuat konsep acara dan mengeksekusinya. Tanggung jawab seorang event planner memang besar. Mereka harus bisa memastikan kelancaran acara sekaligus meninggalkan memori yang berkesan bagi pengunjung yang hadir.

detikers, kamu ingin bergelut di dunia event planner? Ini tulisan yang pas buat kamu karena mimin udah rangkumin 5 skill utama yang wajib kamu pelajari:

1. Teliti dan detail oriented

Jika kamu ingin menjadi seorang event planner, skill utama yang wajib kamu miliki adalah teliti dan fokus pada hal detail. Skill yang satu ini sangat penting karena akan menentukan kesuksesan acaramu nantinya. Hal-hal kecil seperti akses menuju venue event, musim event kamu digelar, ruang tunggu, dan bahkan tempat sampah perlu kamu pikirkan. Untuk melatih skill ini, kamu harus membiasakan diri membuat daftar pekerjaan yang perlu diperhatikan.

2. Komunikasi dan kepemimpinan

Ini skill yang SANGAT PENTING. Sebagai event planner kamu akan berkoordinasi dengan banyak pihak mulai dari vendor, sponsor, klien, dan tentunya talent (pengisi acara). Kamu harus bisa berkomunikasi dengan mereka secara profesional. Komunikasi yang dimaksut juga bukan hanya sekedar berkoordinasi, melainkan menyampaikan gambaran acara secara lugas, percaya diri, mampu bernegosiasi, dan juga mampu memahami keinginan mereka.

3. Problem solving

Dalam menyelenggarakan suatu event, seringkali akan muncul hal-hal tak terduga baik dari sisi teknis maupun non-teknis. Kamu harus mampu memecahkan masalah-masalah tersebut dengan tenang, solutif, dan mengambil keputusan terbaik demi kelancaran event. Jangan lupa untuk libatkan tim kamu dalam proses pengambilan keputusan ya!

4. Multitasking

Skill ini sangat mendarah daging bagi pelaku event planner. Kamu harus sigap membantu dan melaksanakan tugas di luar job desc. Seperti misalnya temanmu ada yang membutuhkan bantuan atau kekurangan tenaga untuk melakukan suatu pekerjaan, kamu harus secara sukarela membantu mereka.

5. Kreatif

Seorang event planner adalah pekerja kreatif. Kamu harus punya banyak ide kreatif untuk menciptakan konsep acara yang berbeda, unik, dan menghibur. Selain kreatif sebagai konseptor, kamu juga perlu memiliki wawasan dan gambaran eventmu dari segi dekor dan lainnya. Perbanyaklah ikut event dan membaca untuk menambah inspirasi.

Itu dia 5 skill yang sangat penting untuk dimiliki seorang event planner. Skill mana nih yang paling pengen kamu asah terlebih dahulu? Jangan lupa ikuti berbagai event seru yang ada di detikEvent untuk menambah pengalaman kamu dalam dunia event ya!