Sembelit Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya!

Senin, 10 April 2023 16:48 WIB
img-alt

detikers, kamu ngalamin sembelit selama puasa? Hal ini memang lumrah terjadi karena saat berpuasa sistem pencernaan kita harus melakukan penyesuain lagi. Tapi, sembelit nggak boleh dibiarkan ya detikers, karena pastinya akan menimbulkan rasa kurang nyaman saat berpuasa. 

Bisa jadi faktor utama yang menyebabkan kamu sembelit adalah kurang minum atau perubahan pola makan ketika puasa. Hayo ngaku siapa yang kalau pas buka puasa kalap beli gorengan dan minuman manis? Sesekali boleh kok detikers, tapi jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan air putih, sayur, dan buah-buahan kamu ya.

BAB memang bukan masalah kesehatan yang berbahaya jika hanya terjadi sesekali, tapi kalau nggak ditangani dengan serius ini bisa berdampak ke gangguan kesehatan lainnya seperti kanker usus dan daya tahan tubuhmu menurun. Salah cara untuk menjaga saluran pencernaan kamu selama puasa yaitu dengan mengkonsumsi serat alami yang tidak menimbulkan rasa mulas berlebihan seperti Vegeta Herbal.

Untuk mendukung ibadah puasa kamu saat bulan Ramadan, Vegeta Herbal bersama detikcom akan memberikan tips untuk mengantisipasi sembelit melalui webinar Sembelit Saat Puasa? Pilih Solusi Yang Tepat Dan Aman.” 

Webinar ini akan menghadirkan sejumlah bintang tamu istimewa seperti Refal Hady (aktor & publik figur) dan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK. (spesialis gizi). Selain itu, acara ini juga akan dipandu oleh Ivy Batuta dan ada hadiah THR senilai Rp 500.000 untuk 5 penanya terbaik. Selain uang tunai, kamu juga  berkesempatan mendapatkan 1 gram Logam Mulia untuk 5 orang yang berhasil menjawab pertanyaan selama webinar berlangsung! 

Lumayan banget kan buat nambah jatah belanja kamu pas lebaran? Makanya jangan lupa catat jadwalnya di kalender kamu tepatnya di hari Selasa, 11 April 2023 pukul 15.00. Kamu dapat menyaksikan webinar ini melalui link streaming berikut ini (hyperlink https://www.detik.com/webinarvegeta). Sampai jumpa detikers!