Mengenal Arti dan Pentingnya Check Sound Sebelum Konser

Selasa, 09 Januari 2024 12:02 WIB
img-alt

Ritual check sound atau sound check merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan sebelum acara musik dimulai. Terutama bagi musisi besar, check sound harus digelar dengan melibatkan seluruh kru yang terlibat. Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan kesalahan teknis dan hal-hal buruk terjadi.

Pengertian Check Sound

Check sound dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk mempersiapkan dan mengatur setiap instrumen musik serta vokal. Saat datang ke sebuah konser musik, kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik selama menonton kan? Oleh karena itulah, check sound dilakukan agar seluruh persiapan rangkaian acara berjalan dengan lancar.

Seluruh kru yang terlibat sebaiknya datang saat proses check sound karena selain memastikan keamanan sound, kru juga dapat menentukan tata letak atau lay out ketika akan tampil di stage. Beberapa pihak yang biasanya terlibat dalam proses check sound ialah kru band, FOH engineer, monitor engineer, road manager, hingga para artis yang akan tampil.

Pentingnya Check Sound Sebelum Konser 

Berikut adalah lima alasan mengapa check sound penting untuk dilakukan sebelum tampil:

1. Memastikan Kelayakan Alat dan Sound System

Mengecek kelayakan alat dan sound system sebelum konser penting untuk menghindari hambatan teknis. Player band perlu memeriksa tiap elemen, mulai dari amplifier, microphone, hingga kabel, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

2. Menentukan Stage Layout

Pentingnya mengatur stage layout terletak pada kebutuhan dan kenyamanan setiap player band di panggung. Selama sound check, mereka dapat menyesuaikan posisi masing-masing untuk memastikan interaksi yang baik antar pemain.

3. Mengatur Sound Monitor

Sound check membantu menentukan kebutuhan sound monitor setiap player band di panggung. Ini penting untuk menjaga kekompakan permainan dan memastikan setiap anggota band dapat mendengarkan dengan jelas.

4. Memberi Waktu Sound Engineer Beradaptasi

Proses sound check membantu tugas sound engineer dalam menyesuaikan diri dengan alat-alat dari vendor sound system. Ini juga memberikan waktu untuk mengecek mixer telah sesuai sebelum pertunjukan dimulai.

5. Adaptasi Sebelum Penampilan Sesungguhnya

Sound check tidak hanya untuk menyesuaikan audio tetapi juga membantu player band beradaptasi dengan panggung dan suasana konser. Ini membantu mereka menjadi lebih familiar dengan stage, mengurangi demam panggung, hingga mengenal panitia dan kru panggung dengan lebih baik.

Sekarang sudah lebih paham kan mengenai check sound dan mengapa hal tersebut penting untuk dilakukan? Ingat, persiapan yang matang merupakan kunci kesuksesan acara konsermu. Ingin tahu info dan tips lainnya seputar event? Temukan hanya di detikEvent!