Strategi Event Marketing: Kunci Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Rabu, 26 April 2023 17:23 WIB
img-alt

Pernah melihat acara yang diselenggarakan oleh brand kosmetik, gadget, ataupun kendaraan bermotor? Biasanya acara yang mereka adakan berupa pameran, bazaar, hingga grand launching produk terbaru mereka. Acara-acara tersebut dikenal dengan sebutan event marketing. 

Event marketing menjadi salah satu senjata yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk meraih keuntungan semaksimal mungkin. Untuk kamu yang belum tahu, event marketing memiliki  peran yang besar untuk meningkatkan branding dan juga brand awareness perusahaan loh!

Event marketing umumnya dipilih oleh perusahaan ketika akan memperkenalkan produk baru ataupun membuat campaign dari produk yang telah ada. Menggarap sebuah event marketing, tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu perencanaan konsep yang matang agar event yang digelar dapat mencuri perhatian dan menjadi top of mind audiens. Untuk mengenal lebih dalam, yuk simak beberapa strategi event marketing yang bisa kamu lakukan:

1. Pameran

Salah satu jenis event marketing yang paling umum adalah pameran. Acara ini biasanya bertujuan agar produknya lebih dikenal luas oleh masyarakat. Biasanya dalam sebuah pameran, akan ada banyak perusahaan yang bergabung. Jadi, kamu harus memikirkan bagaimana strategi terbaik yang bisa dilakukan agar pengunjung tertarik mencoba produk kamu. Misalnya seperti mendesain booth yang menarik, menawarkan diskon besar-besaran, dan lainnya.

2. Event launching

Perusahaan-perusahaan besar umumnya menggunakan event launching sebagai sarana memperkenalkan produk barunya. Menggelar event launching bukan hanya persoalan mengenalkan produk baru ke khalayak, melainkan juga harus mengundang para influencer atau menunjuk brand ambassador. Tujuannya agar khalayak tertarik dan penasaran untuk membeli produk baru kamu.

3. Konser

Konser sering jadi pilihan untuk event marketing karena banyak orang yang tertarik untuk datang ke suatu acara demi menonton idolanya manggung. Selain bisa digunakan sebagai ajang mempromosikan album maupun single, konser juga dapat dikolaborasikan dengan acara lain seperti konser amal dan acara-acara lainnya. Agar promosi lebih masif, kamu juga bisa mengadakan tur sehingga lebih banyak orang yang mengetahui tentang perusahaan kamu.

Tertarik untuk mencoba event marketing? Upaya ini memang berpotensi besar meraup massa yang luas apalagi jika promosi dilakukan secara masif. Pastikan kamu melakukan market research terlebih dahulu ya agar event yang kamu buat menyasar konsumen yang tepat!