Ini Rahasia Bikin Acara Talkshow yang Menarik!

Kamis, 27 April 2023 16:17 WIB
img-alt

Kamu pasti pernah dengar acara-acara talkshow seperti Kick Andy, Bukan Empat Mata, dan Mata Najwa kan? Acara-acara tersebut telah ada sejak dahulu kala dan sampai saat ini masih membekas di hati para penontonnya. Hal ini dikarenakan konsep acaranya yang unik dan tentunya persona dari host yang sangat kuat.

Namun, apakah membuat acara talkshow hanya sekedar menentukan konsep dan host semata? Tentu tidak dong. Perlu banyak hal yang dipikirkan dengan matang agar acara talkshow dapat berjalan dengan baik. Buat kamu yang mau bikin acara talkshow, yuk intip dulu rahasia biar acaramu lebih menarik:

1. Tentukan tema yang dekat dengan masyarakat

Jangan hanya memilih tema yang menurutmu bagus. Kamu juga harus mencari tahu tentang apa yang sedang ramai di tengah masyarakat dan mengembangkan pembahasannya agar talkshow yang kamu buat berbeda dari talkshow lainnya.

2. Perdalam riset tentang tema tersebut

Setelah menentukan tema, kamu harus melakukan pendalaman riset tentang urgensi kenapa memilih tema ini. Riset juga berfungsi agar cara penyampaian materi nantinya tampak menarik. Dari proses riset inilah kamu akan melahirkan ide-ide kreatif agar talkshow  tersebut memiliki ciri khasnya sendiri.

3. Pilih host yang tepat

Host ibarat jantung dalam sebuah talkshow. Merekalah yang akan membawa alur dalam sebuah acara dan membangun interaksi dengan penonton. Pada intinya, host yang akan menghidupkan sebuah acara talkshow. Sebagai tips, pilihlah host yang mampu berimprovisasi dan memiliki kemampuan mengatur massa dengan baik.

4. Pilih narasumber sesuai tema

Alangkah baiknya pilihlah narasumber dengan latar belakang dan persona yang berbeda-beda agar memperkaya diskusi serta memeriahkan suasana. Sebagai contoh jika kamu membahas tentang dunia bisnis, maka selain mengundang pebisnis senior, kamu juga bisa mengundang komedian yang juga pernah bersinggungan dengan dunia bisnis. Tujuannya agar suasana tidak terlalu tegang dan tetap menyenangkan.

Itulah beberapa tips ampuh yang akan membuat acara talkshow kamu lebih hidup dan berbeda dibandingkan talkshow lainnya. Perhatikan juga pemilihan lokasi dan setting panggung  agar penonton tertarik untuk datang ke talkshow kamu ya!