Bangkitnya Sportainment di Indonesia, Bisa Jadi Kesempatan Emas?

Rabu, 03 Mei 2023 12:12 WIB
img-alt

Akhir-akhir ini, gairah sportainment kembali bangkit di Indonesia. Sportainment sendiri merupakan gabungan dari kegiatan olahraga (sport) dan hiburan (entertainment). Dari definisi tersebut, jelas terlihat bahwa tujuan dari sportainment adalah menjadikan dunia olahraga sebagai alternatif hiburan.

Dengan berkembangnya sportainment di Indonesia, hal ini menjadi peluang bagus agar atlet-atlet Indonesia semakin dikenal oleh warga lokal maupun mancanegara. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi kesempatan agar masyarakat lebih mengikuti perkembangan olahraga dan tertarik untuk berpartisipasi di dalamnya.

Mayoritas event-event sportainment yang sempat viral di Indonesia memang digarap oleh media-media milik artis terkenal. Tak heran, mudah bagi mereka untuk menggaet massa dan menumbuhkan minat menonton di antara para fansnya. Namun, jangan berkecil hati. Kamu juga bisa kok membuat event sportainment yang ramai dan menarik, yuk intip bagaimana caranya!

1. Punya persona brand guideline yang kuat

Bentuk konsistensi dari sebuah event harus tercermin dari brand guideline yang kamu miliki. Tentukan teknik copywriting, desain poster, logo, font, layout dan detail materi promosi lainnya. Dengan memiliki konsep promosi yang unik dan berbeda, masyarakat akan lebih mudah mengingat acaramu.

2. Talent adalah kunci

Kalau diperhatikan, talent-talent yang berpartisipasi dalam event sportainment yang viral memang memiliki audiens yang besar sehingga tidak sulit untuk mengajak orang datang ke acara tersebut. Kuncinya, kamu memang harus memilih talent yang memiliki persona kuat dan unik. Pilihlah talent yang selain mampu bertanding, mereka juga mampu menghidupkan suasana agar meriah.

3. Komentator bisa menentukan keseruan acara

Kehadiran komentator sangat diperlukan dalam acara olahraga. Biar seru, kamu bisa mengundang komentator dari berbagai latar belakang. Contohnya, tentu kamu harus memilih komentator yang memang ahli atau pernah menjadi atlet di cabang olahraga tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengajak influencer, MC, ataupun komedian untuk menambah perspektif selama diskusi antar komentator. Hal seperti ini banyak diterapkan oleh event-event viral yang sempat digelar kemarin loh! 

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat event sportainment yang menarik dan unik. Buat kamu yang ingin mewujudkan event impianmu, ayo berkolaborasi bersama detikEvent! Selain menyediakan platform ticketing, event kamu juga berkesempatan untuk dipromosikan di seluruh jaringan detik Network loh! Yuk, segera hubungi kami di kerjasama@detik.com!