Anti Boncos! Begini Struktur dan Contoh RAB Event yang Benar

Rabu, 10 Mei 2023 16:37 WIB
img-alt

Dalam menyelenggarakan suatu event, Rencana Anggaran Biaya (RAB) menjadi hal yang nggak boleh terlupakan. Tujuan dibuatnya RAB adalah agar panitia mengetahui dana yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu event. RAB wajib dipersiapkan agar pengeluaran kamu lebih terarah dan efisien.

Apa itu RAB?

Singkatnya, RAB merupakan jumlah dana yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha maupun acara yang meliputi bahan baku atau modal usaha ditambah upah dan biaya lainnya. Dibutuhkan kejelian dalam membuat RAB karena harus menetapkan keperluan yang menjadi prioritas. Biasanya RAB disusun seimbang dengan modal usaha. Modal ini bisa berasal dari dana pribadi yang tersedia ataupun melalui sponsor.

Hal Penting yang Harus diperhatikan Saat Merancang RAB

Untuk membuat RAB, kamu nggak perlu menggunakan sistem khusus. Kamu dapat menggunakan Microsoft Excel untuk menyusun perencanaan anggaran. Sebelum membuat RAB, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti tujuan dan waktu penganggaran, daftar kebutuhan, estimasi kebutuhan, riset harga, serta proses rekapitulasi dan evaluasi.

Contoh RAB

 

Foto: Rosmha Widiyani/detikcom

Nah, itu dia penjelasan mengenai RAB dan contoh pembuatan RAB yang baik dan benar. Pastikan kamu teliti dan menetapkan skala prioritas ya saat membuat RAB. Setelah proses perencanaan event telah dilalui, maka yang perlu kamu pikirkan sekarang adalah memastikan event kamu ramai didatangi pengunjung bukan? Untuk masalah promosi dan penjualan tiket, serahkan saja ke detikEvent!

Kami akan membantu proses penjualan tiket kamu berjalan lancar dan event kamu berkesempatan untuk dipromosikan di seluruh jaringan detikNetwork loh! Yuk hubungi kerjasama@detik.com untuk info lebih lanjut!