Buah Manis dari Bisnis Promotor, Sangat Menjanjikan?

Selasa, 30 Mei 2023 21:51 WIB
img-alt

Menonton dan bernyanyi bersama idola dalam sebuah konser memang memiliki atmosfer keseruan yang tak bisa tergantikan. Itulah mengapa konser musik selalu diminati oleh banyak orang dan tidak bisa diselenggarakan secara virtual.

Terbukti bahwa tahun ini semakin banyak deretan konser yang antre untuk terselenggara di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, tak aneh jika bisnis promotor juga semakin bergairah. Bisnis promotor selalu berhubungan dengan acara musik. Tugas utama para promotor adalah mengajak para musisi untuk bersedia hadir dalam sebuah konser.

Artinya, promotor berperan besar untuk mewujudkan terlaksananya sebuah konser. Semakin tinggi jam terbang suatu promotor, maka semakin terkenal pula musisi-musisi yang diundang. Sehingga tentunya semakin banyak cuan yang didapatkan oleh bisnis promotor. Dengan berbagai peluang tersebut, tak heran jika bisnis promotor menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan banyak uang.

Apa saja tugas promotor?

Promotor musik merupakan pihak yang mempublikasikan dan mempromosikan acara musik. Promotor harus mengatur konser, band, ataupun artis dan mengajak calon penonton untuk memberi tiket.

Promotor juga akan menegosiasikan budget yang diperlukan untuk mengundang musisi tertentu. Memastikan kebutuhan musisi di atas dan di luar panggung dapat terpenuhi dengan baik juga menjadi tugas promotor. Keperluan seperti kamar hotel, transportasi, riders, alat musik, dan keamanan harus dipersiapkan untuk menjamu para musisi.

Bagaimana cara promotor menghasilkan uang?

Sama halnya dengan peran event organizer, promotor musik juga menawarkan jasa untuk mengatur dan menyelenggarakan sebuah konser. Promotor menghasilkan uang dari biaya yang harus dibayarkan oleh klien dengan kesepakatan tertentu. Selain itu, promotor juga bisa mendapatkan keuntungan dari komisi acara, menjual tiket khusus VIP, komisi dari tennant, penjualan makanan dan minuman, sponsor, penjualan merchandise hingga bahkan pendapatan dari live streaming.

Bagaimana detikers, kamu jadi tertarik untuk bergabung ke dunia promotor? Maka salah satu hal yang harus kamu miliki adalah wawasan mengenai dunia event. Agar konser kamu semakin lancar dan ramai pengunjung, mari berkolaborasi dengan detikEvent! Di sini acara kamu berkesempatan untuk dipromosikan di seluruh kanal detik Network loh! Segera hubungi kerjasama@detik.com untuk info lebih lanjut!