Petuah Bisnis dari 3 CEO Muda Indonesia, Apa Saja Ya?

Selasa, 30 Mei 2023 22:06 WIB
img-alt

Acara d’Preneur ‘Muda-Muda Jadi CEO’ yang diadakan pada Selasa, 30 Mei 2023 di Auditorium BINUS University berlangsung sangat meriah. Ratusan peserta hadir untuk berjumpa dengan tiga orang CEO muda yaitu Rizky Arief Dwi Prakoso (CEO HMNS), Gufron Syarif (CEO Haus!), dan Albert Palit (CEO Alowalo). 

Ketiga CEO tersebut memaparkan materi terkait strategi bisnis dari perusahaan yang dijalaninya dan memberikan tips memulai usaha kepada mahasiswa. Kira-kira apa saja ya petuah yang diberikan oleh mereka? Yuk simak di bawah ini:

1. Formula bisnis ala CEO HMNS

Salah satu cara yang ternyata dilakukan oleh Rizky adalah belajar dan mengimplementasikannya dengan cepat. Dari pengalamannya, Rizky bercerita bahwa jika di malam hari ia belajar sesuatu, maka akan langsung diterapkan keesokan harinya. Ternyata hal ini berdampak besar meskipun bisnis yang dijalankan pada saat itu adalah bisnis konvensional.

Hal yang juga perlu diperhatikan jika ingin bisnis kamu berkembang adalah menjaga customer relationship. Komunikasi dengan konsumen harus dilakukan secara konsisten, terbukti memang bahwa HMNS dikenal sebagai brand yang menjalin komunikasi secara personal dengan para konsumennya.

2. Menurut CEO Haus! bisnis itu nggak bisa instan

Pada acara ini Gufron secara terang-terangan membuka omzet Haus! sepanjang tahun 2022 yang mencapai Rp 350 miliar. Bahkan dalam waktu lima tahun kini Haus! telah memiliki sekitar 229 store. Namun jangan salah, pencapaian tersebut bukanlah hal yang mudah dan instan bagi Gufron. Bahkan Haus! sendiri merupakan bisnis ke-4 Gufron yang akhirnya dapat menghasilkan omzet miliaran.

3. Sempat gagal, CEO Alowalo pantang menyerah

Sebelum Alowalo ada, Alberts sempat memiliki bisnis pertama yaitu Sanubari Batik. Meskipun bisnis ini sempat meraup omzet Rp 800-900 juta, namun bisnis itu harus gulung tikar pada Desember 2016 lalu. Meskipun begitu, Albert tidak menyerah dan bahkan tidak kapok untuk berbisnis dalam dunia fashion. Alumni Binus ini bahkan memiliki visi bahwa Alowalo akan menjadi ‘Uniqlo Indonesia’.

Jika disimpulkan ada tiga pesan utama yang bisa kamu petik melalui acara ini yaitu berpikir strategis, percaya pada proses dan pantang menyerah. Ketiga hal ini harus menjadi landasan utama jika kamu hendak membuat sebuah bisnis. Gimana detikers, semakin semangat buat wujudin bisnis kamu  nggak nih? Selain binsis, detikEvent juga bisa wujudin event impianmu loh. Yuk segera hubungi kerjasama@detik.com untuk info lebih lanjut!