Mengenal Jenis-Jenis Pameran dan Fungsinya

Senin, 05 Juni 2023 12:10 WIB
img-alt

Pameran merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan menyajikan karya seni seorang seniman atau lebih. Dalam praktiknya, pameran dapat dieksekusi oleh individu maupun kelompok. Sebuah pameran dapat diwujudkan karena terdapat peran kurator yang menentukan konsep pameran dan menjelaskan mengenai koleksi karya yang ada di pameran tersebut.

Agar kamu lebih mengetahui apa saja jenis-jenis pameran yang biasanya digelar, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Jenis pameran berdasarkan jenis karyanya

1. Pameran Homogen

Pameran homogen merupakan pameran yang hanya memamerkan satu jenis karya saja. Contoh dari pameran ini yaitu pameran lukisan, pameran patung, dan masih banyak lainnya.

2. Pameran Heterogen

Sesuai namanya, pameran ini menyajikan berbagai jenis karya seni. Misalnya, pameran seni rupa yang di dalamnya terdapat patung, batik, lukisan, dan karya lainnya.

Jenis Pameran berdasarkan jumlah peserta

1. Pameran Tunggal

Pameran tunggal merupakan pameran yang hanya menampilkan karya seorang seniman. 

2. Pameran Kelompok

Kebalikan dari pameran tunggal, pameran kelompok merupakan jenis pameran yang menyajikan karya lebih dari satu orang melainkan beberapa orang seniman.

Fungsi dan Tujuan diadakannya Pameran

1. Fungsi Apresiasi

Fungsi apresiasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Seperti yang diketahui bahwa saat ini masih banyak seniman bertalenta yang jarang mendapatkan apresiasi. Melalui pameran, diharapkan karya-karya mereka semakin dikenal oleh masyarakat.

2. Fungsi prestasi

Fungsi prestasi sebuah pameran seni yaitu memperlihatkan prestasi yang dicapai oleh seseorang dalam bidang seni. 

Selain keempat fungsi di atas, sebuah pameran biasanya diadakan dengan tujuan sosial dan tujuan komersial. Saat ini sudah tak jarang pameran digelar untuk menggalang dana kemanusiaan sekaligus untuk menjual karya seni yang dipamerkan.