5 Pertanyaan yang Sering ditanyakan Saat Wawancara Kepanitiaan, Apa Saja Ya?

Jum'at, 09 Juni 2023 19:16 WIB
img-alt

Mengikuti organisasi atau kepanitiaan adalah kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa. Selain menambah relasi, ikut kepanitiaan juga dapat mengasah soft skill yang berguna di dunia kerja. Sebelum resmi menjadi anggota, kamu tentu harus mendaftar dan melalui tahap wawancara. 

Kira-kira pertanyaan apa saja ya yang sering muncul saat wawancara organisasi atau kepanitiaan? Yuk, simak selengkapnya di sini:

1. Perkenalkan diri 

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling umum dan dasar dari setiap wawancara. Meskipun biasa ditanyakan, jangan anggap remeh pertanyaan ini ya. Lewat perkenalan diri, interviewer bisa saja langsung tertarik denganmu jika jawaban yang kamu berikan memang bagus. Sebaliknya, interviewer juga bisa langsung menilai kamu buruk jika jawabanmu asal-asalan. Kamu bisa menceritakan tentang identitas, latar belakang pendidikan, minat, pengalaman organisasi, dan kesibukan saat ini.

2. Kelebihan dan kekurangan

Sekilas, pertanyaan ini memang cukup menjebak, terutama pertanyaan yang meminta untuk mengakui kekuranganmu. Namun bukan tanpa alasan, interviewer sebenarnya ingin mengetahui sifatmu secara lebih mendalam dan melihat kecocokan dirimu dengan budaya organisasi tersebut.

Kamu bisa menceritakan kelebihan dan kekurangan kamu dengan jujur kok, tapi jelaskan juga ya bagaimana kamu mengatasi kekuranganmu tersebut. 

3. Alasan kamu memilih suatu divisi

Ketika kamu memilih suatu divisi, pastikan kamu telah mengetahui alasan kamu memilih divisi tersebut dan bagaimana lingkup kerjanya. Kamu juga harus menunjukkan antusiasme dan kecocokan dirimu dengan divisi tersebut. Untuk berjaga-jaga kamu juga bisa mempersiapkan jawaban untuk divisi cadangan yang diinginkan.

4. Studi Kasus

Ketika menjabat di suatu organisasi atau kepanitiaan, kamu pasti akan menemukan berbagai tantangan dan persoalan saat menjalaninya. Nah, kamu harus siap dengan berbagai studi kasus yang diberikan seperti bagaimana jika kamu berkonflik dengan teman satu organisasi dan apa yang akan kamu lakukan jika ada masalah yang timbul saat mengerjakan projek tersebut.

5. Cara kamu manajemen waktu

Interviewer seringkali melontarkan pertanyaan ini agar mengetahui bagaimana prioritasmu dan cara kamu mengatur waktu. Terlebih, jika kamu juga aktif dalam kegiatan lainnya. Sedikit tips, sesibuk apapun kamu, kamu harus mengutamakan aspek komunikasi dalam jawabanmu. Dengan begitu interviewer akan menilai bahwa kamu akan bertanggung jawab dengan tugas yang diemban.

Gimana, kamu sudah siap untuk ikut wawancara organisasi atau kepanitiaan yang ingin kamu ikuti? Jangan lupa untuk riset dengan bertanya kepada kakak kelas maupun teman yang sudah lebih dulu berada di dalam organisasi tersebut ya. 

Kalau kamu lagi cari rekomendasi event menarik yang bisa kamu ikuti, detikEvent punya solusi buat kamu. Ayo cari berbagai event seru yang sesuai minatmu hanya di detikEvent!