4 Hal Utama yang Wajib Kamu Siapkan Saat Menggelar Event

Selasa, 13 Juni 2023 13:39 WIB
img-alt

Saat hendak menyelenggarakan suatu event, perizinan merupakan salah satu kunci utama kesuksesan acara. Pasti kamu pernah kan melihat event yang dibubarkan atau bahkan dibatalkan karena ternyata belum memiliki perizinan. Oleh karena itu, jika tidak mau acara kamu dibatalkan, yuk perhatikan 4 hal yang wajib kamu persiapkan:

1. Izin Keramaian

Izin keramaian merupakan izin yang dikeluarkan oleh polisi tempat acara akan berlangsung. Izin ini wajib kamu miliki terutama jika acaramu akan mendatangkan banyak pengunjung. Izin yang kamu butuhkan tergantung dari seberapa besar skala acaramu. Jika acaramu memiliki skala massa 500-1000 orang, maka kamu hanya perlu meminta izin dari Polsek. Namun jika lebih dari itu, maka Polsek akan merekomendasikan untuk izin ke tingkat Polres. Apalagi jika event kamu mendatangkan bintang tamu ternama seperti artis atau pejabat.

2. Surat Rekomendasi dari Kemenparekraf atau Dispora

Jika event kamu berkaitan dengan hiburan, entertainment, atau pariwisata, maka kamu membutuhkan surat dari Kemenparekraf. Namun jika acara kamu bersinggungan dengan dunia olahraga, maka kamu memerlukan surat dari Dispora. Untuk mendapatkan surat ini, kamu harus membawa KTP, proposal acara, dan surat dari organisasi/perusahaan yang telah ditandatangani oleh pimpinan.

3. Surat Kesiapan Petugas Kesehatan

Tentunya ketika menyelenggarakan suatu acara kamu akan membutuhkan tenaga medis. Oleh karena itu, kamu harus meminta surat permintaan kesiapan dari penyelenggara dan alat kesehatan seperti tenaga medis dan obat-obatan.

4. Surat Pemadaman Kebakaran

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kamu harus mempersiapkan surat pemadaman kebakaran serta apar (alat pemadam kebakaran). 

Itu dia 4 hal yang wajib kamu persiapkan ketika hendak menyelenggarakan sebuah acara. Jangan sampai kamu melewatkan salah satunya agar acara yang dipersiapkan berjalan lancar ya detikers. Agar persiapannya semakin lancar, yuk bekerja sama dengan detikEvent dalam hal platform ticketing dan promosi. Hubungi kerjasama@detik.com untuk info lebih lanjut!