Pengen Bikin Calo Tiket Kapok? Ternyata Gini Caranya!

Rabu, 28 Juni 2023 08:21 WIB
img-alt

Dunia perkonseran kini tengah dihebohkan dengan keberadaan calo yang menjual harga tiket dengan harga selangit. Hal ini membuat geram para fans yang terpaksa harus rela tidak menonton konser idolanya karena tiket telah ludes terjual.

Tidak dipungkiri memang banyak tiket yang ditawarkan oleh calo maupun orang yang pada akhirnya berhalangan hadir di media sosial. Namun hal tersebut sangat riskan dengan resiko penipuan dan harga yang sangat mahal.

Kira-kira ada aturan dan sanksi untuk calon nggak sih?

Menurut pernyataan Direktur Ekonomi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Mulyawan Ranamanggala, yang mengatakan bahwa calo tiket sebenarnya bisa saja ditindak secara hukum apabila terdeteksi adanya penguasaan tiket besar-besaran alias monopoli.

Adapun hal ini diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 1999 mengenai Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Sanksinya bisa saja pelaku dikenakan denda sebesar 10% dari total penjualan atau bahkan 50% dari total keuntungan. Sayangnya, hal ini baru bisa ditindak jika memang ada indikasi monopoli transaksi.

Lalu bagaimana kita bisa membuat tiket calo kapok selain melalui jalur hukum?

Satu-satunya cara yang bisa kamu tempuh adalah menahan diri untuk tidak membeli tiket dari mereka sampai hari H konser. Tujuannya agar mereka kapok dan tidak menjadi calo lagi akibat tiket yang dijualnya tidak laku. Sebagai fans, kamu harus merelakan tidak menonton konser tersebut meskipun harga tiket yang dijual hanya berbeda Rp 100.000 dari harga aslinya.

Saat tiketnya tidak laku terjual hingga beberapa jam sebelum konser, para calo pasti panik dan bahkan sudah tidak memikirkan keuntungan. Mereka hanya memikirkan bagaimana menutup kerugian sekecil mungkin meskipun tidak untung. Namun, hal ini baru bisa berdampak jika dilakukan secara kompak dan serempak. Perlu ada gerakan yang disuarakan melalui media sosial agar fans lainnya juga tidak membeli dari calo.

Begitulah cara yang bisa kamu lakukan agar populasi calo di Indonesia bisa berkurang. Meskipun terlihat sederhana, di satu sisi cara ini cukup sulit dilakukan karena butuh kekompakan para fans dan menekan ego untuk menonton konser. Gimana nih detikers, jadi mikir dua kali kan sekarang kalau mau beli dari calo?