Mengenal Perbedaan Gigs dan Konser yang Perlu Kamu Tahu

Rabu, 02 Agustus 2023 12:07 WIB
img-alt

Sebagai pecinta musik, pasti banyak konser maupun gigs yang telah kamu saksikan, bukan? Eits, tapi kamu udah tau belum perbedaan antara gigs dan konser? Walaupun terlihat mirip, tapi ternyata keduanya punya perbedaan yang signifikan lho!

Banyak sekali orang yang mengartikan bahwa gigs mirip dengan konser musik karena keduanya sama-sama memiliki konsep acara yang sama. Lalu, sebenarnya apa sih perbedaan gigs dan konser? Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, simak terus informasinya di bawah ini ya!

Apa itu Gigs sebenarnya?

Ini dia nih acara yang sering dimiripkan dengan konser, padahal kenyataannya beda banget loh! Gigs sendiri merupakan sebuah acara musik yang memiliki skala yang lebih kecil dibandingkan konser. Selain itu, gigs biasanya hanya fokus pada satu genre musik saja. Semisal, ada sebuah acara gigs yang bergenre pop, jazz, reggae, EDM dan masih banyak lainnya.

Jika kamu mencari acara musik yang spesifik dan intimate, maka gigs adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Terlebih lagi jika acara gigs ini digelar pada malam hari, kamu bisa menghadirinya bersama teman-teman kantor atau bahkan pasangan sehabis beraktivitas seharian! Setelah sering tampil di gigs, tentunya seorang musisi ingin melanjutkan ke panggung yang lebih besar. Sehingga gigs ini dapat dikatakan sebagai langkah awal untuk para musisi yang ingin namanya dikenal lebih luas.

Lantas, apa bedanya dengan konser?

Nah, kalau konser pasti kamu sudah lebih familiar kan? Ciri utama dari konser adalah acara yang cukup besar dan jumlah penontonnya yang mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang. Dan yang paling penting adalah line up dari konser umumnya diisi nama-nama musisi yang sudah terkenal. 

Selain itu, biasanya harga tiket konser jauh lebih mahal dibandingkan acara gigs, hal ini tentunya diimbangi dengan guest star kece dan biaya sewa stage yang besar serta megah.

Sekarang udah nggak perlu bingung lagi ya untuk membedakan acara konser dan gigs detikers, mana nih yang ingin kamu datangi lebih sering? Selain kedua acara tersebut, kamu juga bisa memilih berbagai kegiatan seru yang ada di detikEvent lho! Yuk pilih acara favorit kamu sekarang!