5 Contoh Tema Seminar yang Menarik dan Kreatif untuk Anak Kampus

Selasa, 08 Agustus 2023 18:32 WIB
img-alt

Banyak hal menarik yang terjadi saat kamu memasuki dunia perkuliahan seperti merantau, bertemu orang baru, ikut organisasi, dan bahkan eksplor skill kamu miliki sebelumnya. Masa kuliah memang menjadi waktu emas untuk belajar hal baru untuk menambah bekal kamu bersaing di dunia kerja nantinya.

Kamu bisa belajar di luar area kampus melalui banyak cara seperti mengikuti kursus, magang, organisasi, dan juga seminar. Salah satu mengapa seminar banyak diikuti oleh mahasiswa adalah karena seminar banyak diadakan secara gratis dan bisa mendatangkan expert di bidang tertentu. 

Sebagai penyelenggara seminar, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum menentukan tema yang diangkat. Sebaiknya tema yang dipilih berangkat dari apa yang dibutuhkan oleh target audiens kamu. Lagi cari tema seminar atau talkshow yang menarik? Nih mimin punya beberapa rekomendasi tema yang cocok jika target audiens kamu adalah anak kuliahan!

1. 101 Career Hacks

Setiap anak kuliahan pasti pernah ada di satu titik di mana mereka bingung harus mempersiapkan apa saja sebelum memasuki dunia kerja. Dengan seminar bertemakan career hacks ini, kamu bisa mengundang expert di bidang pengembangan karir dan skill yang sedang banyak dibicarakan dan menjadi panutan anak-anak muda. Tujuannya agar penyampaiannya lebih mudah diterima oleh target audiens.

Beberapa hal yang bisa kamu bahas dalam seminar ini adalah cara mempersiapkan CV yang bisa dilirik perusahaan, tips wawancara kerja, dan kemampuan apa yang harus dimiliki agar lebih mudah menembus perusahaan impian mereka.

2. Bisnis dan Investasi

Banyak generasi muda yang kini melek terhadap investasi dan dunia bisnis. Hal ini bisa terjadi karena kemudahan mereka dalam mengakses informasi melalui media sosial dan internet. Oleh karena itu, tema ini dapat menjadi peluang untuk menggaet banyak peserta dalam seminar kamu.

Bahkan tak jarang orang berani merogoh kocek demi mendapatkan saran investasi dan cara memulai bisnis dari ahlinya lho. Gimana, menarik kan?

3. Pendidikan dan beasiswa

Selain fokus mencari peluang kerja yang diinginkan, banyak mahasiswa juga ingin melanjutkan S2 baik di dalam maupun luar negeri. Kamu bisa mengundang awardee beasiswa ataupun alumni kampus yang berhasil melanjutkan ke jenjang sekolah yang tinggi untuk berbagi kisah mereka. Dijamin seminar kamu akan diserbu oleh banyak mahasiswa yang ambis belajar. 

4. Magang dan Freelance

Banyak mahasiswa yang ingin menambah penghasilan meskipun masih duduk di bangku kuliah. Melalui seminar ini kamu bisa membagikan tips dan apa yang perlu dipersiapkan agar para mahasiswa dapat memulai perjalanan freelance dan magangnya. Kamu bisa mendatangkan HR dari perusahaan tertentu ataupun seseorang yang telah memulai freelance sejak lama.

5. Public Speaking dan Personal Branding

Salah satu yang menonjol dari Gen Z adalah membentuk personal branding di media sosial. Banyak mahasiswa yang ingin memulai personal branding karena terbukti mendatangkan banyak kesempatan di bidang karir. Namun, mereka masih bingung bagaimana memulainya. Oleh karena itu, topik ini pasti relate banget buat anak-anak kuliahan.

Selain personal branding, public speaking juga salah satu skill yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Skill ini akan membantu mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun melakukan presentasi di lingkungan kampus. 

Jadi, tema apa nih yang mau kamu angkat lebih dulu? Setelah menentukan tema menarik untuk seminar kamu, jangan lupa susun rundown dan pilih pengisi acara yang sesuai dengan target audiens kamu. Mau belajar lebih banyak seputar dunia event? Yuk baca artikel lainnya yang ada di detikEvent!