Mengenal Fenomena PCD Konser dan Cara Mengatasinya!

Rabu, 09 Agustus 2023 16:34 WIB
img-alt

Kamu pernah mengalami PCD (Post Concert Depression)? Atau justru belum pernah mendengar tentang PCD sama sekali? PCD merupakan istilah yang populer di TikTok dan diartikan sebagai perasaan sedih atau kehampaan yang sering dialami setelah menghadiri konser.

Meskipun bukan diagnosis secara resmi, fenomena PCD memang nyata adanya dan dialami oleh sebagian orang yang sangat bahagia setelah pergi ke konser yang sangat dinanti. Setelahnya, mereka mengalami perubahan emosional secara drastis menjadi sedih.

Konser seringkali memberikan rasa penuh kegembiraan dan harapan, belum lagi aspek tambahan seperti membeli pakaian baru dan bahkan menyewa hotel dekat lokasi venue. Selama periode tersebut, orang-orang ini merasa termotivasi dan bahagia. Lalu seketika kebahagiaan tersebut hilang dan mereka merasa hampa saat konser telah usai dan mereka harus kembali ke dunia nyata.

Cara Mengatasi PCD Konser

Jika kamu merasakan kesedihan tak berkesudahan atau bahkan tidak lagi bersemangat untuk menjalani realita hidup akibat PCD, berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Berinteraksi dengan penggemar lain

Dengan berinteraksi dengan penggemar lain melalui sosial media maupun secara langsung, kamu bisa mendapatkan dukungan dan pemahaman untuk bangkit dari perasaan pasca konser. 

Kamu bisa membagikan pengalaman dan perasaanmu kepada orang lain. Mendengarkan dan berbicara dengan orang-orang yang tepat dapat membantu mengurangi rasa hampa dan kesepian.

2. Lakukan jam session

Jam session dapat menjadi terapi musik yang efektif untuk mengatasi PSD. Musik memiliki kekuatan untuk mengubah mood, merasakan emosi positif, dan membawa kita untuk mengingat momen-momen bahagia. 

3. Alihkan dengan mencoba hal baru

Selain konser, masih banyak hal seru dan menyenangkan yang bisa kamu coba kok! Kamu bisa melakukan kegiatan baru seperti melukis, memasak, olahraga, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa nongkrong bareng teman ataupun keluarga terdekatmu untuk mengalihkan pikiran. 

Jika kamu mengalami depresi pasca konser yang berkepanjangan hingga mengganggu rutinitas secara keseluruhan, ada baiknya jika kamu melakukan konsultasi dengan profesional seperti psikolog atau konselor. 

Biar nggak sedih-sedih terus, kamu juga bisa coba datang ke event-event seru yang ada di detikEvent lho detikers, yuk pilih event yang ingin kamu datangi sekarang juga!