Mengenal Apa itu Brand Activation dan Manfaatnya

Kamis, 17 Agustus 2023 10:22 WIB
img-alt

Meningkatnya kompetisi bisnis dan event memacu brand untuk terus mengambangkan produk, menonjolkan keunikan, dan promosi dengan gencar. Maka dari itu, brand activation berperan untuk penting untuk kemajuan bisnis, lebih tepatnya untuk mendekatkan hubungan customers dan brand.

Brand activation sendiri merupakan proses untuk membuat brand lebih dikenal oleh masyarakat, meningkatkan brand awareness, dan engagement melalui kegiatan-kegiatan tertentu. Untuk melakukan brand activation sebuah brand harus lebih sering berinteraksi dekat dengan penggunanya agar brand tersebut menjadi top of mind masyarakat. Salah satu caranya dengan membangun hubungan emosional yang dekat dengan konsumen. 

Ada berbagai bentuk brand activation yang mendukung promosi brand kamu, yuk simak ada apa saja:

1. Social media activation

 Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah endorse, betul kan? Kegiatan endorse yang dilakukan influencer ataupun content creator di media sosial terbukti berpengaruh besar dalam peningkatan sales maupun brand awareness suatu brand. Dengan memanfaatkan popularitas seorang influencer, kamu bisa membuat para pelanggan untuk membeli produkmu. Bukan hanya endorse, kamu juga bisa melakukan social media activation melalui giveaway, campaign, ads, dan lainnya.

2. Marketing event activation

 Bentuk brand activation lainnya yang bisa kamu coba adalah marketing event activation. Dalam hal ini, brand akan berusaha untuk menggaet pelanggan untuk event marketing yang dapat diikuti secara langsung seperti pameran, expo, konser musik, talkshow, kompetisi, dan lainnya.

3. Sponsorship activation

Selain kegiatan-kegiatan di atas, brand activation juga dapat dikembangkan dengan sponsorship activation. Jika kamu pernah melihat pertandingan olahraga yang dipenuhi oleh sponsor-sponsor bergengsi, itulah salah satu contoh implementasi dari sponsorship activation.

Dengan melakukan berbagai kegiatan di atas, kamu bisa meningkatkan brand awareness hingga bahkan brand loyalty dalam jangka waktu yang lama. Semakin kamu sering melakukan brand activation, maka brand kamu juga akan semakin dikenal oleh masyarakat. 

Mau tahu tips atau tulisan menarik lainnya seputar event? Yuk baca artikel-artikel lainnya yang ada di detikEvent!