Apa Arti Riders Artis? Kenali Juga Jenis dan Fungsinya, Yuk

Kamis, 24 Agustus 2023 17:02 WIB
img-alt

Jika acara kamu mengundang artis atau musisi tertentu, maka kamu harus bersiap untuk menyediakan semua riders yang dibutuhkan oleh mereka. Lantas, apa definisi dari riders itu sendiri?

Pengertian Riders

Dilansir dari Music Gateaway, riders merupakan bagian dari kontrak pertunjukan yang di dalamnya mencakup spesifikasi dalam rangka memfasilitasi penampilan artis. Singkatnya, riders adalah permintaan talent/artis yang harus dipenuhi oleh penyelenggara acara.

Istilah riders akrab digunakan dalam dunia entertainment sebagai daftar permintaan atau syarat yang diajukan oleh artis kepada pihak yang mengundang mereka untuk melakukan pertunjukan. 

Jenis-jenis Riders

Terdapat beberapa jenis riders yang perlu kamu ketahui, yuk simak penjelasannya di bawah!

1. Riders teknis

Riders teknis terdiri atas kebutuhan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh sang artis ketika melakukan pertunjukan. Sebagai contoh, kamu bisa menyediakan sound system, lighting, tata panggung, mic, dan peralatan lainnya.

Riders teknis perlu diperhatikan oleh penyelenggara acara karena seringkali terdapat spesifikasi tertentu terhadap peralatan yang digunakan sang artis agar penampilannya maksimal.

2. Riders non-teknis

Meskipun bersifat non teknis, riders jenis ini juga sangat penting. Riders non-teknis berkaitan dengan kebutuhan pribadi dan hal-hal yang membuat artis merasa nyaman selama berada di acara tersebut. Kamu harus mempersiapkan transportasi (pesawat, kereta, dan lainnya), hotel atau penginapan, makanan dan minuman, ruang tunggu, dan keamanan. 

Fungsi Riders

Fungsi utama riders adalah memastikan kelancaran acara yang kamu selenggarakan. Pada umumnya, setiap artis memiliki riders-nya masing-masing karena kebutuhan setiap individu tentunya berbeda.

Selain itu, setiap artis juga memiliki rutinitas atau ritual tertentu sebelum naik ke atas panggung, jika hal itu dilakukan bisa jadi akan mempengaruhi kualitas performa dan pertunjukan artis tersebut.

Dengan menyiapkan riders, kamu juga bisa mengantisipasi permintaan tidak terduga dan menjaga hubungan baik antara penyelenggara dengan artis. 

Nah, sekarang kamu sudah paham kan apa definisi riders, jenis-jenisnya, dan mengapa riders memiliki fungsi yang penting. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai dunia event, kamu bisa cari tahu tips jika ingin bergabung menjadi event organizer