Rekomendasi Tema Acara Amal yang Inspiratif, Menarik, dan Kreatif

Jum'at, 25 Agustus 2023 16:11 WIB
img-alt

Acara amal umumnya dapat berkaitan dengan banyak isu mulai dari sosial, kesehatan, lingkungan, pendidikan, hingga bencana alam. Tujuan dari acara amal adalah mengumpulkan dana atau memberi bantuan untuk kelompok yang membutuhkan.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar acara amal sukses adalah membangun kepercayaan supaya banyak orang ingin berpartisipasi untuk membantu. detikEvent punya beberapa rekomendasi tema acara amal yang menarik nih detikers, yuk simak dan baca sampai akhir:

1. A Night to Survivor

Dengan tema ini, kamu bisa mengangkat kisah inspiratif seorang ‘survivor’ yang hidupnya tertimpa musibah ataupun kelompok yang menjadi pejuang penyakit tertentu. Acara ini dibuat sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas perjuangan yang telah mereka lakukan selama ini.

2. Fun Race Charity

Melalui tema ini, kamu bisa mengadakan perlombaan dalam bidang olahraga seperti lari, basket, ataupun sepak bola. Hasil dari pembelian tiket bisa kamu gunakan untuk membantu kelompok tertentu yang membutuhkan.

3. Charity Concert

Konser musik sering menjadi kegiatan untuk mengumpulkan donasi tertentu. Melalui konser, kamu bisa mengangkat isu sosial tertentu agar menjadi perhatian masyarakat.

4. Festival Kuliner

Menyisihkan hasil dari tiket festival kuliner untuk didonasikan kepada kelompok yang membutuhkan makanan, bisa jadi salah satu ide pengumpulan donasi terbaik yang bisa kamu coba. Selain membantu kelompok tertentu, melalui acara ini kamu bisa membantu melariskan UMKM di sekitarmu.

5. Flashmob atau Movement

Flashmob atau membuat gerakan sosial di ruang publik adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat viral isu yang sedang kamu perjuangan. Dokumentasi dari flashmob atau movement yang kamu lakukan bisa kamu unggah ke sosial media dan dilihat oleh banyak orang.

Dari lima ide acara amal di atas, mana nih yang kamu pilih detikers? Jika ingin tahu lebih banyak info seputar event dan event terbaru yang bisa kamu ikuti, cari tahu di sini yuk!