Sering Dibutuhkan, Ini 7 Tugas Runner dalam Event

Sabtu, 23 September 2023 09:47 WIB
img-alt

Detikers pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah runner dalam sebuah event. Namun, detikers tahu nggak sih apa itu runner dan tugasnya?

Runner merupakan tim dari sebuah event dengan peran cukup penting. Secara umum, runner berhubungan dengan hampir semua yang bertugas di dalam event. Meskipun begitu, sebenarnya runner memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung dengan event yang sedang dijalankan.

Penasaran apa itu runner dan tugasnya? Simak penjelasannya di sini ya.

Mengenal Apa Itu Runner

Sebuah event atau acara pasti memiliki struktur panitia atau organisasinya sendiri. Hal ini bertujuan mempermudah pelaksanaan suatu event atau acara agar berjalan dengan lancar. Setiap bagian dari panitia memiliki perannya masing-masing.

Runner merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu event atau acara. Seorang runner dalam konteks event atau acara bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas logistik serta operasional acara. Seorang runner memiliki tugas yang bervariasi tergantung dengan jenis event yang dilaksanakan, skala, serta berbagai kebutuhan khusus.

Pada dasarnya, runner banyak dibutuhkan pada hari H acara. Ibarat sebuah hubungan, runner adalah seorang laki-laki yang berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pasangannya. Jadi, runner merupakan sebuah tim yang terdiri atas beberapa orang dengan tugas membantu menyediakan kebutuhan agar sebuah acara bisa berjalan dengan lancar.

Apa Tugas Seorang Runner?

Setiap tim yang ada dalam sebuah kepanitiaan event memiliki job description atau tugasnya masing-masing. Sebagai seorang ‘pelari’, peran runner di sebuah event sangatlah penting. Berikut ini adalah tugas seorang runner dalam sebuah event atau acara.

1. Pengaturan Tempat

Seorang runner bisa memiliki tanggung jawab untuk membantu mengatur serta mempersiapkan tempat event seperti mengatur kursi, meja, panggung, dan sebagainya.

2. Pengadaan Perlengkapan

Tugas runner mencakup mengumpulkan, mengatur, dan mengantarkan perlengkapan event seperti mikrofon, dekorasi, hingga sound system.

3. Koordinasi Tim

Dalam melakukan tugasnya, runner perlu berkoordinasi dengan anggota tim dari berbagai divisi seperti teknisi, penampil, dan vendor lainnya. Runner harus memastikan setiap anggota tim memiliki informasi yang dibutuhkan sehingga tugas-tugas dapat terkoordinasi dengan baik.

4. Pengaturan Jadwal

Tugas lain runner adalah membantu mengelola jadwal acara serta memastikan acara berjalan sesuai dengan rencana waktu yang telah ditetapkan. Orang yang melakukan tugas ini juga sering disebut sebagai time keeper.

5. Pengaturan Transportasi

Di sejumlah jenis event,  runner memiliki tugas mengatur kebutuhan transportasi untuk tamu khusus, artis, atau peserta.

6. Pendistribusian Informasi

Tugas penting seorang runner adalah mendistribusikan informasi. Runner bisa menjadi sumber informasi untuk tamu atau peserta event, memberikan petunjuk mengenai lokasi, jadwal, dan aktivitas yang berlangsung.

7. Penanganan Darurat

Runner juga memiliki tugas penting ketika menghadapi suatu situasi darurat. Runner harus bertindak cepat dalam mengkoordinasikan respons dan menghubungkan dengan pihak yang berwenang.