5 Cara Ini Bikin Talkshow Kamu Gak Membosankan

Rabu, 25 Oktober 2023 17:23 WIB
img-alt

Podcast dan acara talkshow saat ini sedang naik daun serta bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens di tengah maraknya konten serupa. Jika kamu ingin acaramu tetap menarik dan tidak membosankan di mata audiens, maka kamu perlu memikirkan beberapa strategi yang efektif. 

Maka dari itu, detikEvent punya 5 cara untuk membantumu agar acara talkshow kamu tetap menarik dibandingkan lainnya. Mau tahu tipsnya? Baca artikel ini sampai habis ya!

1. Tonjolkan Storytelling yang Memukau 

Salah satu cara terbaik untuk menjaga audiens tetap terlibur adalah dengan menonjolkan storytelling. Meminta para pembicara untuk berbagi cerita pribadi, pengalaman, atau insight yang menarik akan membuat acaramu lebih unik dan seru. Selain itu, cerita-cerita ini membantu audiens untuk lebih terhubung dengan para pembicara.

2. Ajukan Pertanyaan-Pertanyaan Unik dan Menarik 

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang belum banyak ditanyakan adalah kunci dalam menjaga talkshow tidak membosankan. Hindari pertanyaan-pertanyaan klise yang sering muncul di acara-acara sejenis. Coba cari tahu hal-hal unik, kontroversial, atau mendalam tentang topik dan pembicara yang diundang agar ada sesuatu yang baru di acaramu.

3. Berikan Kejutan dengan Kuis dan Hadiah 

Kamu bisa menghidupkan acaramu dengan memberikan kejutan kepada audiens. Selain pertanyaan, berikan kuis-kuis singkat dengan hadiah menarik bagi mereka yang aktif bertanya atau berpartisipasi dalam acara. Ini tidak hanya akan meningkatkan keterlibatan audiens, tetapi juga mengajak audiens untuk datang kembali ke acara lainnya.

4. Pilih Tema yang Relevan dengan Audiens

Tema yang relevan adalah kunci agar talkshow kamu tetap menarik di mata audiens. Pastikan bahwa topik yang kamu angkat sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens yang hadir. Membahas hal-hal yang mereka pedulikan akan membuat mereka merasa lebih terlibat dan bersemangat untuk mengikuti acaramu.

5. Selipkan Sentuhan Humor 

Terakhir, jangan lupakan elemen humor. Acara-acara yang terlalu kaku dan serius bisa membuat audiens merasa bosan. Oleh karena itu, selipkan sedikit humor di antara obrolan serius. Humor bisa meredakan ketegangan, membuat para pembicara lebih santai, dan menciptakan atmosfer yang lebih nyaman.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi kamu dalam menjalankan talkshow biar nggak membosankan. Dengan menggabungkan storytelling yang kuat, pertanyaan yang unik, kejutan, tema yang relevan, dan sentuhan humor, kamu bisa menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi audiensmu. Pastikan kamu untuk baca tips seputar event lainnya di detikEvent!