Rute Transportasi Umum Terlengkap Ke JIS 2024

Rabu, 08 Mei 2024 12:56 WIB
img-alt

Kamu sedang mencari cara bagaimana rute menuju Jakarta International Stadium (JIS) dengan transportasi umum? Sejak dibuka pada bulan April 2022 lalu, Jakarta Internasional Stadium (JIS) telah menjadi tujuan populer untuk berbagai acara olahraga dan kegiatan besar lainnya di Jakarta. Telah banyak acara dan konser yang diselenggarakan di stadium ini dikarenakan kapasitasnya yang dapat menampung hingga 82.000 orang. Bagi yang ingin mengunjungi stadion ini menggunakan transportasi publik, ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Cara ke JIS Menggunakan TransJakarta
Menurut informasi yang diambil dari laman resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Instagram, salah satu cara untuk mencapai JIS adalah dengan menggunakan layanan TransJakarta. 
Berikut adalah rute-rute TransJakarta yang dapat digunakan untuk mencapai JIS:
1. Rute JIS 3 (JIS - Harmoni)
Beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, dan dari pukul 15.00 hingga 21.00 WIB.
2. Rute 14 (JIS - Senen)
Beroperasi setiap hari dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.
3. Rute 10K (Tanjung Priok- Senen via Taman BMW)
Beroperasi setiap hari dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.
4. Jak 77 (Tanjung Priok - Jembatan Item)
5. Jak 88 (Tanjung Priok - Ancol Barat)

Cara ke JIS Menggunakan KRL
Selain TransJakarta, KRL Commuter Line Jabodetabek juga merupakan opsi transportasi yang bisa dipertimbangkan untuk pergi ke JIS. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencapai JIS menggunakan KRL Commuter Line:

Stasiun Ancol
Perlu diketahui bahwa stasiun terdekat dari JIS, yaitu Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok. Dari Stasiun Ancol ke JIS memiliki jarak sekitar 3,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit, sedangkan dari Stasiun Tanjung Priok ke JIS memiliki jarak sekitar 4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit.

Untuk perjalanan dari Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok menuju JIS, bisa menggunakan mikrolet M15 dengan jurusan Kota-Tanjung Priok atau melanjutkan perjalanan dengan transportasi online.

Stasiun Bekasi
Bagi yang datang dari Stasiun Bekasi, diperlukan transit dua kali di Stasiun Manggarai sebelum naik ke Jakarta Kota, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok.

Stasiun Tangerang
Bagi yang datang dari Stasiun Bogor dan Depok, dapat langsung naik KRL ke arah Stasiun Jakarta Kota, kemudian melakukan transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok.

Stasiun Tangerang
Bagi yang datang dari Stasiun Tangerang, diperlukan transit dua kali, pertama di Stasiun Duri lalu transit kembali di Stasiun Kampung Bandan sebelum naik kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok.

Stasiun Tanah Abang
Bagi yang datang dari Stasiun Tanah Abang, juga diperlukan transit dua kali. Pertama, transit di Stasiun Duri, kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kampung Bandan sebelum akhirnya menuju Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok.

Itulah berbagai rute transportasi umum menuju JIS yang bisa kamu coba, pastikan untuk melakukan riset sebelum mulai perjalanan kamu ya, detikers!